SMAK Plus Penabur Cirebon Jaga Tradisi Lolos SNMPTN

SMAK Plus Penabur Cirebon Jaga Tradisi Lolos SNMPTN

CIREBON – SMAK Plus Penabur Cirebon sukses mengantarkan siswanya ke perguruan tinggi negeri unggulan. Adalah Rafael Girfan, siswa kelas XII SMAK Plus Penabur Cirebon yang berhasil diterima di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Rafael sukses menembus ketatnya persaingan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022. Kesuksesan Rafael diterima di Undip, menambah panjang daftar siswa SMAK Plus Penabur Cirebon yang masuk ke PTN unggulan dari tahun ke tahun melalui jalur SNMPTN.

SNMPTN sendiri adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi melalui nilai rapot dan prestasi akademik. Nilai rapot yang digunakan adalah nilai rapot dari semester 1 sampai semester 5 selama masa belajar tiga tahun. Sementara itu, prestasi lain akan jadi nilai tambah bagi siswa.

“Jujur senang dan kaget. Karena tidak menyangka banget. Sebenarnya aku tidak berharap apa-apa. Tapi Puji Tuhan, Tuhan berkata lain, aku justru masuk,” ungkap Rafael kepada Radar Cirebon.

BACA JUGA:

Untuk lolos SNMPTN, tentunya bukan hal yang mudah. Rafael sendiri mengaku harus konsisten menjaga nilai akademiknya dalam tiga tahun ini. Selain itu, ia juga berusaha untuk berprestasi di bidang lain sebagai nilai tambah untuk bisa lolos melalui jalur SNMPTN.

Beberapa prestasi yang telah ditorehkan Rafael antara lain menjadi juara 1 Newscasting pada ALSA English Festival di Undip pada tahun 2020, juara 3 3x3 Penabur Cirebon Cup 2020 serta menjadi perempat finalis dalam Asian English Olympic pada tahun 2020.

Keberhasilan tersebut sangat membuatnya bersyukur karena bisa membahagiakan orang tua dan dapat menjalani pendidikan di perguruan tinggi yang dia inginkan. Awalnya Rafael mengaku tertarik untuk mengambil jurusan komunikasi. Tetapi kemudian ia berfikir kalau untuk lolos SNMPTN, alangkah lebih baik kalau jurusan yang dia ambil sama dengan jurusan yang dipilih saat SMA, yakni MIPA.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: